Sabtu, 24 November 2012

Rencana Strategis Kecamatan Kotawaringin Lama Tahun 2013

Rencana Strategis Kecamatan Tahun 2013 By : Harry Kamin
BAB I PENDAHULUAN 1.1. Umum Perkembangan masyarakat yang didukung oleh kemajuan di bidang ekonomi, keterbukaan isolasi dan komunikasi, menempatkan masyarakat pada posisi tawar yang cukup menentukan dalam proses pembangunan.
Hal ini membawa pengaruh pada upaya pemerintah untuk memenuhi harapan masyarakat. Salah satunya melalui suatu rencana kerja yang tersusun dengan baik. Rencana kerja dijadikan sebagai acuan kegiatan sesuai dengan kurun waktu perencanaan dan dapat juga dijadikan tolok ukur, evaluasi, capaian kegiatan dari organisasi. Apabila pelaksanaan kegiatan mengalami suatu kendala, maka yang perlu dievaluasi selain sistem penyelenggaraan juga yang tidak kalah penting adalah sejauh mana sebuah perencanaan bisa diterapkan. Kecamatan Kotawaringin Lama sebagai salah satuan kerja perangkat daerah, sebagaimana ketentuan menyusun Rencana Kerja (Renja) Satuan Kerja Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2012 sebagai acuan dalam pelaksanaan pembangunan. Dalam sebuah perencanaan diharapkan ada keterpaduan rencana antara setiap unit kerja (SKPD) sehingga tercipta efektifitas dan kesatuan implementasi yang mengarah kepada pencapaian visi dan misi organisasi secara menyeluruh. Indikator capaian kegiatan dapat terukur dengan jelas sejauh mana keterpaduaan rencana yang telah tersusun. Rencana Kerja (Renja) Kecamatan Kotawaringin Lama Tahun 2012 merupakan dokumen perencanaan Kecamatan Kotawaringin Lama untuk periode 2013 yang memuat kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan yang didasarkan pada kondisi, potensi, permasalahan, kebutuhan nyata, dan aspirasi masyarakat yang tumbuh berkembang di Kecamatan Kotawaringin Lama dan berorientasi pada hasil yang akan dicapai selama kurun waktu 1 (satu) tahun. Rencana Kerja Kecamatan Kotawaringin Lama merupakan pedoman dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kecamatan Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat Propinsi Kalimantan Tengah. 1.2. Maksud dan Tujuan Maksud disusunnya Rencana Kerja adalah pedoman bagi Perangkat Daerah Kecamatan Kotawaringin Lama dalam pelaksanaan tugas-tugas pokok dan fungsi institusi guna memantapkan arah pembangunan dalam rangka proses perencanaan pembangunan wilayah kecamatan kotawaringin lama yang ingin dicapai setiap tahun anggaran dan disusun berdasarkan visi, misi dan program kepala daerah, dimana program-program dan kegiatan yang ada diwilayah kecamatan kotawaringin lama disesuaikan dengan urusan pemerintahan yang dilimpahkan kepada Camat dengan mempertimbangkan kemampuan atau kapasitas keuangan daerah Tujuan disusunnya Rencana Kerja adalah sebagai berikut : 1. Mengoptimalkan peran dan fungsi perencanaan dalam pembangunan di Kecamatan Kotawaringin Lama. 2. Mewujudkan perencanaan pembangunan yang akuntabel, partisipatif, bermanfaat, tepat sasaran dan berkesinambungan. 3. Untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang lebih berdaya guna dan berhasil guna sebagai wujud pertanggungjawaban dalam mencapai visi, misi dan tujuan pembangunan Kecamatan Kotawaringin Lama. 1.3. Landasan Hukum Rencana Kerja Kecamatan Kotawaringin Lama disusun berdasarkan : 1. Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4286); 2. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 104, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4421); 3. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2005 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Udang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, menjadi Undang-undang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 108, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4548); 4. Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Lembaran Negara Tahun 2004 Nomor 126, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4438); 5. Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2004 tentang Rencana Kerja Pemerintah. 6. Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga. 7. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah; 8. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Propinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota; 9. Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Keuangan Negara/Daerah; 10. Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah; 11. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah; 12. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah; 13. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah; 14. Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 050/200/II/BANGDA/2008 perihal Pedoman Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD); 15. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah; 16. Peraturan Daerah Kabupaten Ktw. Barat Nomor 21 tahun 2008 tentang Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat; 13. Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 5 Tahun 2009 tentang Perencanaan Pembangunan Daerah. 1.4. Hubungan dengan Dokumen Perencanaan Lainnya Ruang lingkup Rencana Kerja (Renja) adalah pelaksanaan kegiatan Kecamatan Kotawaringin Lama dalam 1 (satu) tahun dengan memperhitungkan faktor-faktor penentu keberhasilan yang ada, dan tujuan pembangunan yang realistis yang dapat dicapai, Rencana Kerja Kecamatan Kotawaringin Lama mengacu pada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2011-2015 dan alur Rencana Strategis Kecamatan Kotawaringin Lama dengan diagram yang dijelaskan sebagai berikut : Perencanaan Penganggaran Jangka Panjang Jangka Menengah Jangka Pendek Gambar 1.1 Hubungan Dokumen Rencana Kerja dengan Dokumen Perencanaan Lainnya 1.5. Sistematika Sistematika Rencana Kerja Kecamatan Kotawaringin Lama disusun sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Berisi tentang uraian Umum, Latar Belakang, Maksud dan Tujuan, Landasan Hukum Rencana Kerja Tahun 2013, Hubungan dengan Dokumen Perencanaan Lainnya serta Sistematika. BAB II EVALUASI PELAKSANAAN RENJA TAHUN LALU Menjelaskan tentang Kajian Renja 2011 dan evaluasi pencapaian program tahun lalu serta perkiraan tahun yang sedang berjalan, identifikasi masalah (masalah dan tantangan utama pelayanan SKPD pada tahun rencana/analisis SWOT). BAB III TUJUAN, SASARAN PROGRAM DAN KEGIATAN Menjelaskan tentang Indikator Kinerja dan Kelompok Sasaran yang menggambarkan pencapaian Renstra SKPD Kecamatan Kotawaringin Lama selama 5 tahun kedepan 2012-2016 (Outcome 5 tahun). BAB IV PROGRAM DAN KEGIATAN Menjelaskan tentang prioritas program dan kegiatan serta target kinerja. BAB V PENUTUP LAMPIRAN-LAMPIRAN BAB II EVALUASI PELAKSANAAN RENJA TAHUN 2012 Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya evaluasi pelaksanaan renja SKPD Kecamatan Kotawaringin lama pada tahun lalu bisa dijadikan acuan dan perbandingan saat ini dalam pelaksanaan pemerintahan kecamatan kotawaringin lama sesuai dengan amanat yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 54 Tahun 2010, serta untuk turut mendukung suksesnya pencapaian sasaran pembangunan daerah sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM Daerah) Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2012-2016. Adapun masalah dan keberhasilan yang dijadikan sebagai acuan dan perbandingan dalam pemantapan pelaksanaan renja kecamatan kotawaringin lamaditahun yang akan datang baik berdasarkan capaian kinerja, evaluasi program dan identifikasi masalah dapat dijabarkan sebagai berikut : Gambaran tingkat capaian kinerja Kecamatan Kotawaringin Lama berdasarkan target/sasaran Renstra periode sebelumnya yang berdasarkan dari SPM untuk urusan wajib , dan /atau indicator kinerja SKPD lainnya adalah termuat dalam tabel berikut : 2.1. Evaluasi Pencapaian Kinerja Tahun 2011 Sebagai dasar perbandingan untuk pelaksanaan renja yang akan datang, dalam hal pencapaian target kinerja Kecamatan Kotawaringin Lama. Capaian Kinerja 2011 Tabel 1.1 NO SASARAN STRATEGIS INDIKATOR KINERJA TARGET PROGRAM/KEGIATAN ANGGARAN 1 2 3 4 5 6 1 Pelayanan Administrasi Perkantoran Jumlah Kebutuhan Jasa Surat Menyurat 100,00 Penyediaan Jasa Surat Menyurat 1.900.000 Jumlah Jasa Komunikasi,Sumber Daya Air dan Listrik Selama Hari Kerja 77,21 Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik 23.160.000 Banyaknya Sarana Operasional yang Memadai Serta Tertip Administrasi Guna Menunjang Kelancaran Kegiatan Kantor 92,44 Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas/Opersl 11.250.000 Besarnya dana untuk Kelancaran Administrasi Keuangan 98,52 Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan 50.304.000 Jumlah tenaga kontrak untuk Keamanan dan Kebersihan Kantor 95,29 Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor 39.394.000 Banyaknya perbaikan peralatan kerja Guna Menunjang Kelancaran Administrasi Kantor 88,89 Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja 5.400.000 Jumlah ATK Dalam Melaksanakan Pelayanan dan Administrasi Kantor 100,00 Penyediaan Alat Tulis Kantor 19.788.000 Banyaknya Barang Cetakan dan Penggandaan 99,89 Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan 8.880.000 Besarnya biaya Penerangan Kantor yang Mendukung Kelancaran Melaksanakan Tugas 94,22 Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor 3.460.000 Jumlah Peralatan dan Perlengkapan Kantor yang Memadai 96,00 Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor 15.000.000 Jumlah dana Peralatan untuk Kenyamanan dan Kebersihan Kantor 99,90 Penyediaan Peralatan Rumah Tangga 5.066.000 Besarnya biaya Makan Minum Rapat 85,40 Penyediaan Makan dan Minuman 74.036.000 Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Besarnya biaya perjalanan dinas untuk Keterpaduan Program antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten 77,28 Rapat-Rapat Kordinasi dan Konsultasi Keluar Daerah 55.000.000 Jumlah paket/ dana 98,80 Pembangunan Rumah Jabatan (Gedung Kantor) 250.000.000 Besarnya biaya pemeliharaan ktr 100,00 Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor 16.711.000 Besarnya biaya opersional kendaraan dinas 99,94 Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional 21.900.000 3 4 Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Program Peningkatan Disiplin Aparatur Jumlah paket 100,00 Rehabilitasi sedang/berat rumah gedung kantor 7.800.000 Besarnya jumlah Dana Perjalanan Dinas utk pindah tugas 91,75 Pengadaan Pakaian Dinas Beserta Perlengkapannya 4.000.000 Besarnya biaya Bimtek 55,58 Pendidikan dan Pelatihan Formal 35.000.000 5 Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Besarnya biaya perjalanan dinas dalam daerah 91,00 Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan 86.800.000 6 Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja & Keuangan Jumlah Biaya Penyelesaian laporan 0,00 Penyusunan Laporan Capaian Kinerja & Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD. 1.000.000 Jumlah Biaya Penyelesaian laporan 0,00 Penyusunan Laporan Keuangan Semesteran 1.000.000 Jumlah Biaya Penyelesaian laporan 0,00 Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun 1.000.000 7 Pembinaan dan fasilitasi pengelolaan keuangan desa Jumlah Biaya sosialisasi 100,00 Evaluasi rancangan peraturan desa tentang APB Desa 20.520.000 2.2. Evaluasi Pencapaian Program Tahun 2011 dan Perkiraan Tahun 2013 Untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pelaksanaan program yang telah direncanakan dan ditetapkan maka harus dilakukan evaluasi. Pada prinsipnya, evaluasi pencapaian program dilakukan dengan membandingkan realisasi aktual dengan target yang ditelah ditetapkan. Untuk hasil evaluasi pencapaian program Tahun 2011 dan perkiraan Tahun 2013 dapat dilihat pada Tabel 1.2. Tabel 1.2 Evaluasi Pencapaian Program Tahun 2011 dan Perkiraan Tahun 2013 NO PROGRAM KEGIATAN KET URAIAN INDIKATOR SATUAN TAHUN 2011 TAHUN 2013 TARGET REALISASI PENCAPAIAN (%) TARGET 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 1 Program Pelayanan Administrasi Perkantoran Penyediaan jasa surat menyurat Bertambahnya surat dan dokumen yang terkirim buah 200 200 100 400 Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik Meningkatnya kecepatan penyampaian informasi dan penyediaan listrik yang terjaga bulan 12 12 100 12 Penyediaan jasa pemeliharaan dan perijinan kendaraan dinas/operasional Meningkatnya kesiapan operasional kendaraan dinas unit 7 7 100 7 Penyediaan jasa administrasi keuangan Pengelolaan keuangan sesuai dengan peraturan bulan 12 12 100 12 Penyediaan jasa kebersihan kantor Terjaganya kondisi kebersihan kantor bulan 3 3 100 3 Penyediaan jasa perbaikan peralatan kerja Bertambahnya usia pakai peralatan kerja unit 6 6 100 6 Penyediaan alat tulis kantor Meningkatnya pelayanan umum administrasi pemerintahan buah 350 350 100 400 Penyediaan barang cetakan dan penggandaan Meningkatnya pelayanan umum administrasi pemerintahan buah 60 60 100 80 Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor Terjaganya kondisi penerangan kantor buah 74 74 100 78 Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor Bertambahnya peralatan dan perlengkapan kantor buah 9 9 100 15 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan Bertambahnya jumlah pegawai yang mengetahui peraturan perundang-undangan buah - - - - Penyediaan makanan dan minuman Kebutuhan makanan dan minuman pegawai terpenuhi bulan 47 47 100 45 Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah Meningkatnya koordinasi antar instansi OP 18 18 100 26 2 Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Pembangunan gedung kantor Bertambahnya jumlah unit kantor unit 1 1 100 1 Pengadaan mobil jabatan Penggantian mobil jabatan unit - - - - Pengadaan kendaraan dinas/operasional Bertambahnya jumlah kendaraan dinas unit - - - - Pengadaan perlengkapan rumah jabatan/dinas Bertambahnya jumlah perengkapan rumah jabatan unit - - - - Pengadaan mebeleur Bertambahnya jumlah mebeleur unit - - - - Pemeliharaan rutin/berkala rumah jabatan Terjaganya kondisi rumah jabatan m2 - - - - Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor Terjaganya kondisi gedung kantor m2 700 700 100 700 Pemeliharaan rutin/berkala mobil jabatan Terjaganya kondisi mobil jabatan unit 1 1 100 1 Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional Terjaganya kondisi kendaraan dinas unit 5 5 100 5 Pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan rumah jabatan/dinas Terjaganya kondisi perlengkapan rumah jabatan unit - - - - Pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan gedung kantor Terjaganya kondisi perlengkapan gedung kantor unit - - - - 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Pemeliharaan rutin/berkala peralatan rumah jabatan/dinas Terjaganya kondisi peralatan rumah jabatan buah - - - - Rehabilitasi sedang/berat rumah jabatan Bertambahnya usia pakai rumah jabatan unit - - - - Rehabilitasi sedang/berat gedung kantor Bertambahnya usia pakai gedung kantor unit - - - - 3 Program Peningkatan Disiplin Aparatur Pengadaan mesin/kartu absensi Meningkatnya kedisiplinan pegawai dalam kehadiran unit - - - - Pengadaan pakaian dinas beserta perlengkapannya Meningkatnya kedisiplinan pegawai dalam berpakaian orang 45 45 100 50 Pengadaan pakaian khusus hari-hari tertentu Meningkatnya kedisiplinan pegawai dalam berpakaian orang - - - - 4 Program Fasilitasi Pindah / Purna Tugas PNS Pemulangan pegawai yang pensiun Fasilitasi pemulangan pegawai yang pensiun OP 2 2 100 - Pemindahan tugas PNS Fasilitasi pindah tugas pegawai OP 3 3 100 - 5 Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Sosialisasi peraturan perundang-undangan Meningkatnya jumlah pegawai yang mengetahui peraturan perundang-undangan OHP 800 800 100 800 Bimbingan teknis implementasi peraturan perundang-undangan Meningkatnya jumlah pegawai yang mengatahui cara implementasi peraturan perundang-undangan kali 4 4 100 4 6 Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD Penyajian laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD kali 1 1 100 1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Penyusunan laporan keuangan semesteran Penyajian laporan keuangan semesteran kali 2 2 100 2 Penyusunan laporan keuangan akhir tahun Penyajian laporan keuangan akhir tahun kali 1 1 100 1 7 Program Pembinaan dan Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa Evaluasi rancangan peraturan desa tentang APB Desa Meningkatnya keahlian penyusunan peraturan desa tentang APB Desa yang baik oleh perangkat desa buah 12 12 100 12 Evaluasi rancangan peraturan desa tentang pendapatan desa Meningkatnya pendapatan desa buah - - - - Penyusunan pedoman pengelolaan keuangan desa Meningkatnya keahlian pengelolaan keuangan desa oleh perangkat desa buah - - - - 2.3. Identifikasi Masalah (Masalah dan Tantangan Utama Pelayanan SKPD pada tahun 2011 Dalam penyusunan rencana kerja Kecamatan Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2011, untuk mengidentifikasi masalah digunakan Metode Analisa Strengths, Weaknesses, Oppurtunities, and Threats (SWOT). Metode analisa SWOT memerlukan masukan berupa Faktor Lingkungan Internal dan Faktor Lingkungan Eksternal. Fktor-faktor ini bersifat subyektif, oleh sebab itu penentuannya harus didasarkan pada analisa yang tidak memihak dan atas dasar kesepakatan bersama dari anggota kelompok analisis. 1. Faktor Lingkungan Internal Faktor Lingkungan Internal terdiri dari Faktor Kekuatan dan Faktor Kelemahan, sebagai berikut : a. Kekuatan 1) Adanya organisasi yang mantap. 2) Tersedianya personil aparatur yang memadai. 3) Komunikasi dan interaksi atasan-bawahan yang sinergis. b. Kelemahan 1) Adanya kesenjangan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. 2) Sarana dan prasarana yang ada kurang memadai. 3) Anggaran yang disediakan belum mencukupi untuk kebutuhan. 2. Faktor Lingkungan Eksternal Faktor Lingkungan Eksternal terdiri dari Faktor Peluang dan Faktor Ancaman/ Tantangan sebagai berikut : a. Peluang 1) Adanya faktor pendukung dari instansi terkait. 2) Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 3) Adanya SDM yang dapat ditingkatkan kemampuannya. 4) Terciptanya forum koordinasi antar instansi. b. Ancaman/Tantangan 1) Kurangnya koordinasi antar instansi. 2) Aturan yang tidak konsisten dan selalu berubah-ubah. 3) Personil yang ada masih kurang memahami permasalahan yang ada (terbatasnya SDM). Dari sejumlah pilihan, ditentukan Faktor penentu Keberhasilan (Critical Succes Factors) yaitu : 1. Dukungan sumber daya yang memadai. 2. Komunikasi/interaksi atasan dan bawahan yang sinergis. 3. Mantapnya penataan kelembagaan SKPD Kecamatan Kotawaringin Lama dan instansi di lingkungan Pemerintahan Kecamatan Kotawaringin Lama. Selain faktor-faktor penentu keberhasilan, perlu diwaspadai faktor-faktor yang dapat menagakibatkan kegagalan yaitu : 1. Kondisi transisional yang berkepanjangan sehingga menyebabkan sistem perencanaan menjadi kurang mantap. 2. Aturan/Kebijakan Pusat dan Daerah yang tidak konsisten. 2.4. Identifikasi Program & Kegiatan Pemerintah Pusat dan Provinsi Tahun 2012 Program dan kegiatan pusat serta provinsi hingga saat ini tidak ada pengolaannya yang dilimpahkan kepada Kecamatan Kotawaringin Lama. 2.5 Hasil- hasil Forum SKPD Tidak ada usulan dari hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan dan Kabupaten serta hasil Forum SKPD terhadap rencana kerja Kecamatan Kotawaringin Lama. Perencanaan yang tertuang dalam rencana strategis maupun rencana kerja merupakan hasil perencanaan internal yang melibatkan unsur sekretariat, seksi, dan kelurahan. BAB III TUJUAN, SASARAN PROGRAM RENJA DAN KEGIATAN KECAMATAN KOTAWARINGIN LAMA 3.1 Tujuan & Sasaran Program Jangka Menengah 2012 - 2016 A. Tujuan Visi dan misi Kecamatan Kotawaringin Lama hanya dapat diwujudkan apabila seluruh komponen organisasi mampu mencapai tujuan yang menjadi komitmen bersama dalam hubungannya dengan upaya perwujudan visi dan misi organisasi tersebut. Tujuan yang telah dirumuskan adalah turut meningkatkan sistem pelayanan publik guna mendorong pertumbuhan kondisi sosial ekonomi masyarakat yang positif, Didukung kesadaran dan partisipasi warga Kecamatan Kotawaringin Lama, serta meningkatkan pemanfaatan sumber daya ekonomi dan sosial yang didukung perilaku masyarakat yang kondusif. B. Sasaran Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut, maka sasaran yang harus dicapai pada tujuan adalah sebagai berikut : 1. Terwujudnya kompetensi aparatur pemerintah yang mengarah pada profesionalisme aparat. 2. Terwujudnya ketentraman dan ketertiban lingkungan dengan dukungan stakeholder. 3. Meningkatnya kualitas lingkungan pemukiman yang didukung partisipasi masyarakat. 4. Meningkatnya kualitas lingkungan hidup. 5. Meningkatnya aktivitas usaha kecil dan koperasi dengan peran serta pengusaha di wilayah kerja kecamatan. 6. Meningkatnya partisipasi dan kesetiakawanan sosial dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. 7. Meningkatnya partisipasi perempuan dalam pembangunan. 3.2 Sasaran dan Indikator Kinerja Kelompok Sasaran SKPD Tahun 2012-2016 Untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai maka diperlukan langkah-langkah kebijakan. Untuk mengukur serta mengavaluasi keberhasilan untuk mencapai tujuan serta mewujudkan sasaran maka digunakanlah indikator-indikator sebagai instrumen pengukuran. Sasaran dan indikator kinerja kelompok sasaran pada SKPD Kecamatan Kotawaringin Lama dapat dilihat pada Tabel 3.1. Tabel 3.1 Sasaran dan Indikator Kinerja Kelompok Sasaran SKPD Kecamatan Kotawaringin Lama Tahun 2012-2016 TUJUAN SASARAN CARA MENCAPAI TUJUAN KETERANGAN URAIAN INDIKATOR KEBIJAKAN PROGRAM Meningkatkan sistem pelayanan publik guna mendorong pertumbuhan kondisi sosial ekonomi masyarakat yang mandiri, adil dan sejahtera serta didukung kesadaran dan partisipasi warga kecamatan kotawaringin lama dalam meningkatkan pemanfaatan sumber daya ekonomi guna peningkatan kehidupan yang lebih baik. Terwujudnya kompetensi aparatur pemerintahan yang mengarah pada profesionalisme. Jumlah SDM terampil meningkat secara kualitas. Kebijakan meningkatkan kinerja pemerintahan Kecamatan Kotawaringin Lama yang berjalan lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran Terlaksananya pelayanan yang murah, cepat, tepat dan akuntabel dibidang pelayanan dan bantuan dibidang ekonomi, sosial, kemasyarakatan. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Sarana kerja dan penunjang kerja meningkat dan terpelihara. Program Peningkatan Disiplin Aparatur Terwujudnya ketentraman dan ketertiban lingkungan dengan dukungan stakeholder. Peningkatan pelaksanaan regulasi di kecamatan. Program Fasilitasi Pindah / Purna Tugas PNS Meningkatnya intensitas penertiban lingkungan. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Meningkatnya kualitas lingkungan permukiman yang didukung partisipasi masyarakat. Jumlah kegiatan pelestarian dan pemeliharaan ruang terbuka terbuka hijau meningkat. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan Ada kegiatan pengawasan lingkungan. Program Pembinaan dan Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa Meningkatnya aktifitas usaha kecil dan koperasi dengan peran serta para pengusaha diwilayah kerja kecamatan. Jumlah usaha kecil yang berjalan baik. Meningkatnya partisipasi dan dan kesetiakawanan sosial dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Jumlah kegiatan sosial masyarakat meningkat. Meningkatnya partisipasi perempuan dalam pembangunan. Semakin banyak warga perempuan yang berpartisipasi di dalam kegiatan PKK. BAB IV PROGRAM DAN KEGIATAN TAHUN 2013 4.1 Prioritas Program dan Kegiatan SKPD Keseluruhan program yang akan dikelola Kecamatan Kotawaringin Lama selama satu tahun ke depan diarahkan untuk mencapai tujuan sebagaimana tercantum dalam visi dan misi Kecamatan Kotawaringin Lama. Untuk selanjutnya pencapaian visi dan misi Kecamatan Kotawaringin Lama akan menunjang tercapainya visi dan misi Kabupaten Kotawaringin Barat selama lima tahun ke depan dengan proyeksi pada tiga tahun pertama. Program merupakan kumpulan kegiatan yang sistematis dan terpadu untuk mendapatkan hasil, yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa instansi pemerintah ataupun masyarakat yang dikoordinasikan oleh instansi pemerintah guna mencapai sasaran dan tujuan tertentu. Untuk mengimplementasikan dan melaksanakan kebijakan/program tersebut, ditetapkan satu atau beberapa kegiatan dimana kegiatan itu sendiri merupakan bagian dari program yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa satuan kerja sebagai bagian dari pencapaian sasaran yang terukur dan terarah pada suatu program. Dengan kata lain rencana program perlu dijabarkan ke dalam kegiatan yang terukur kinerjanya, jelas kelompok sasarannya, dan juga ada perencanaan anggarannya. Adapun program-program Kecamatan Kotawaringin Lama adalah sebagaimana Tabel 4.1. Tabel 4.1 Rencana Kerja SKPD Kecamatan Kotawaringin Lama Formulir 1 No Prioritas Pembangunan Daerah Fungsi Indikator Hasil/Outcome Anggaran Sub Fungsi Alokasi TA. 2011 Alokasi TA. 2012 Prakiraan TA.2013 Prakiraan TA.2014 Program 1 2 3 4 5 6 7 8 1 Menjamin intensitas penyelenggaraan pemerintahan yang baik. (Good Governance) FUNGSI PELAYANAN UMUM Sub Fungsi Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum, Administrasi Keuangan daerah, Perangkat Daerah, Kepegawaian, dan Persandian Program Pelayanan Administrasi Perkantoran 314.538.000 340.330.800 371.844.900 419.168.500 1. Penyediaan jasa surat menyurat Bertambahnya surat dan dokumen yang terkirim 1.900.000 1.800.000 3.000.000 5.000.000 2. Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik Meningkatnya kecepatan penyampaian informasi dan penyediaan listrik yang terjaga 26.160.000 22.920.000 30.000.000 30.000.000 3. Penyediaan jasa pemeliharaan dan perijinan kendaraan dinas/operasional Meningkatnya kesiapan operasional kendaraan dinas 11.250.000 3.000.000 5.000.000 7.000.000 4. Penyediaan jasa administrasi keuangan Tercapainya kelancaran adaministrasi keuangan 51.604.000 57.004.000 57.004.000 60.004.000 5. Penyediaan jasa kebersihan kantor Terjaganya kondisi kebersihan kantor 38.230.000 36.060.000 36.060.000 40.060.000 6. Penyediaan jasa perbaikan peralatan kerja Bertambahnya usia pakai peralatan kerja 5.400.000 8.150.000 10.000.000 15.000.000 7. Penyediaan alat tulis kantor Meningkatnya pelayanan umum administrasi pemerintahan 19.788.000 21.131.900 22.500.000 22.500.000 8. Penyediaan barang cetakan dan penggandaan Meningkatnya pelayanan umum administrasi pemerintahan 8.880.000 13.567.500 13.567.500 13.567.500 9. Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor Terjaganya kondisi penerangan kantor 3.460.000 3.240.000 3.240.000 4.363.600 10. Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor Bertambahnya peralatan dan perlengkapan kantor 15.000.000 41.784.000 45.800.000 50.000.000 11. Penyediaan peralatan rumah tangga Bertambahnya jumlah pegawai yang mengetahui peraturan perundang-undangan 3.966.000 4.023.400 4.023.400 7.023.400 1 2 3 4 5 6 7 12. Penyediaan makanan dan minuman Kebutuhan makanan dan minuman pegawai terpenuhi 73.900.000 26.650.000 26.650.000 30.650.000 13. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah Meningkatnya koordinasi antar instansi 55.000.000 95.000.000 115.000.000 135.000.000 Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur 295.611.000 366.044.800 510.700.000 1.151.965.000 1. Pembangunan gedung kantor (Aula Kecamatan) Bertambahnya jumlah unit kantor 250.000.000 282.744.800 - - 2. Pengadaan mobil jabatan Penggantian mobil jabatan - - - 400.000.000 3. Pengadaan kendaraan dinas/operasional Bertambahnya jumlah kendaraan dinas - - 30.000.000 - 4. Pengadaan perlengkapan rumah jabatan/dinas Bertambahnya jumlah perengkapan rumah jabatan - - 80.000.000 - 5. Pengadaan perlengkapan gedung kantor Bertambahnya jumlah perengkapan gedung kantor - - - 80.000.000 6. Pengadaan peralatan rumah jabatan/dinas Bertambahnya jumlah peralatan rumah jabatan - - - - 7. Pengadaan mebeleur Bertambahnya jumlah mebeleur - - 2.500.000 35.750.000 8. Pemeliharaan rutin/berkala rumah jabatan Terjaganya kondisi rumah jabatan - - 12.000.000 60.000.000 9. Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor Terjaganya kondisi gedung kantor 23.711.000 31.500.000 35.500.000 66.000.000 10. Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional Terjaganya kondisi kendaraan dinas 21.900.000 51.800.000 78.200.000 64.215.000 11. Rehabilitasi sedang/berat rumah jabatan Bertambahnya usia pakai rumah jabatan - - - - 12. Rehabilitasi sedang/berat gedung kantor Bertambahnya usia pakai gedung kantor - - 250.000.000 446.000.000 Program Peningkatan Disiplin Aparatur 6.900.000 20.000.000 55.000.000 13.600.000 1. Pengadaan mesin/kartu absensi Meningkatnya kedisiplinan pegawai dalam kehadiran - - 15.000.000 - 2. Pengadaan pakaian dinas beserta perlengkapannya Meningkatnya kedisiplinan pegawai dalam berpakaian 6.900.000 20.000.000 22.000.000 13.600.000 3. Pengadaan pakaian khusus hari-hari tertentu Meningkatnya kedisiplinan pegawai dalam berpakaian - - 18.000.000 - Program Fasilitasi Pindah / Purna Tugas PNS 6.000.000 - 6.000.000 8.000.000 1. Pemulangan pegawai yang pensiun Fasilitasi pemulangan pegawai yang pensiun 2.000.000 - - - 2. Pemindahan tugas PNS Fasilitasi pindah tugas pegawai 4.000.000 - 6.000.000 8.000.000 1 2 3 4 5 6 7 Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur 114.800.000 62.000.000 62.000.000 53.000.000 1. Sosialisasi peraturan perundang-undangan Meningkatnya jumlah pegawai yang mengetahui peraturan perundang-undangan 86.800.000 30.000.000 30.000.000 23.000.000 2. Bimbingan teknis implementasi peraturan perundang-undangan Meningkatnya jumlah pegawai yang mengatahui cara implementasi peraturan perundang-undangan 28.000.000 32.000.000 32.000.000 30.000.000 Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan 3.000.000 2.423.400 2.423.400 2.000.000 1. Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD Penyajian laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD 1.000.000 1.007.800 1.007.800 1.000.000 2. Penyusunan laporan keuangan semesteran Penyajian laporan keuangan semesteran 1.000.000 407.800 407.800 - 3. Penyusunan laporan keuangan akhir tahun Penyajian laporan keuangan akhir tahun 1.000.000 1.007.800 1.007.800 1.000.000 Program Pembinaan dan Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa 20.520.000 19.200.000 19.200.000 3.720.000 1. Evaluasi rancangan peraturan desa tentang APB Desa Meningkatnya keahlian penyusunan peraturan desa tentang APB Desa yang baik oleh perangkat desa 20.520.000 19.200.000 19.200.000 3.720.000 2. Evaluasi rancangan peraturan desa tentang pendapatan desa Meningkatnya pendapatan desa - - - - 3. Penyusunan pedoman pengelolaan keuangan desa Meningkatnya keahlian pengelolaan keuangan desa oleh perangkat desa - - - - Jumlah 761.369.000 809.999.000 1.027.168.300 1.651.453.500 Pengendalian dan Evaluasi terhadap Pelaksanaan Renja SKPD Provinsi : Kalimantan Tengah SKPD : Kecamatan Kotawaringin Lama Periode Renja SKPD : 2013 Periode RKA SKPD : 2013 Formulir VII.E.4 Kode Urusan/Bidang Urusan Pemerintahan Daerah Dan Program/Kegiatan Indikator Kinerja Program/ Kegiatan Rencana Tahun 2013 (Tahun Rencana) Prakiraan Maju Rencana Tahun 2014 Kesesuaian Evaluasi Tindak Lanjut Hasil Tindak Lanjut Lokasi Target Capaian Kinerja (%) Dana Target Capaian Kinerja (%) Dana (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) Renja RKA Renja RKA Renja RKA Renja RKA Renja RKA Renja RKA Ya Tidak 1 20 1 20 15 01 Program Pelayanan Administrasi Perkantoran Terlaksananya efektifitas pelayanan : Terlaksananya efektifitas pelayanan : 371.844.900 419.168.500 1 20 1 20 15 1 1 1 Penyediaan jasa surat menyurat Tersedianya jasa surat menyurat Tersedianya jasa surat menyurat Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 3.000.000 - 100 100 5.000.000 - 1 20 1 20 15 01 02 2 Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik Tersedianya jasa telekomunikasi, sumber daya air dan listrik Tersedianya jasa telekomunikasi, sumber daya air dan listrik Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 30.000.000 - 100 100 30.000.000 - 1 20 1 20 15 01 06 3 Penyediaan jasa pemeliharaan dan perijinan kendaraan dinas/operasional Penyediaan jasa pemeliharaan dan perijinan kendaraan dinas/operasional Penyediaan jasa pemeliharaan dan perijinan kendaraan dinas/operasional Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 5.000.000 - 100 100 7.000.000 - 1 20 1 20 15 01 07 4 Penyediaan jasa administrasi keuangan Penyediaan jasa administrasi keuangan Penyediaan jasa administrasi keuangan Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 57.004.000 - 100 100 60.004.000 - 1 20 1 20 15 01 08 5 Penyediaan jasa kebersihan kantor Penyediaan jasa kebersihan kantor Penyediaan jasa kebersihan kantor Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 36.060.000 - 100 100 40.060.000 - 1 20 1 20 15 01 09 6 Penyediaan jasa perbaikan peralatan kerja Penyediaan jasa perbaikan peralatan kerja Penyediaan jasa perbaikan peralatan kerja Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 10.000.000 - 100 100 15.000.000 - 1 20 1 20 15 01 10 7 Penyediaan alat tulis kantor Penyediaan alat tulis kantor Penyediaan alat tulis kantor Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 22.500.000 - 100 100 22.500.000 - 1 20 1 20 15 01 11 8 Penyediaan barang cetakan dan penggandaan Penyediaan barang cetakan dan penggandaan Penyediaan barang cetakan dan penggandaan Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 13.567.500 - 100 100 13.567.500 - 1 20 1 20 15 01 12 9 Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 3.240.000 - 100 100 4.363.600 - 1 20 1 20 15 01 13 10 Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 45.800.000 - 100 100 50.000.000 - 1 20 1 20 15 01 14 11 Penyediaan peralatan rumah tangga Penyediaan peralatan rumah tangga Penyediaan peralatan rumah tangga Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 4.023.400 - 100 100 7.023.400 - 1 20 1 20 15 01 17 12 Penyediaan makanan dan minuman Penyediaan makanan dan minuman Penyediaan makanan dan minuman Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 26.650.000 - 100 100 30.650.000 - 1 20 1 20 15 01 18 13 Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 115.000.000 - 100 100 135.000.000 - 1 20 1 20 15 02 Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur 510.700.000 1.151.965.000 1 20 1 20 15 02 01 1 Pembangunan rumah jabatan Pembangunan rumah jabatan Pembangunan rumah jabatan Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 - - 100 100 - - 1 20 1 20 15 02 02 2 Pembangunan rumah dinas Pembangunan rumah dinas Pembangunan rumah dinas Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 - - 100 100 - - 1 20 1 20 15 02 03 3 Pembangunan gedung kantor Pembangunan gedung kantor Pembangunan gedung kantor Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 - - 100 100 - - 1 20 1 20 15 02 22 4 Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 35.500.000 - 100 100 66.000.000 - 1 20 1 20 15 02 04 5 Pengadaan mobil jabatan Pengadaan mobil jabatan Pengadaan mobil jabatan Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 - - 100 100 400.000.000 - 1 20 1 20 15 02 05 6 Pengadaan kendaraan dinas/operasional Pengadaan kendaraan dinas/operasional Pengadaan kendaraan dinas/operasional Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 30.000.000 - 100 100 - - 1 20 1 20 15 02 06 7 Pengadaan perlengkapan rumah jabatan Pengadaan perlengkapan rumah jabatan Pengadaan perlengkapan rumah jabatan Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 80.000.000 - 100 100 - - 1 20 1 20 15 02 07 8 Pengadaan perlengkapan gedung kantor Pengadaan perlengkapan gedung kantor Pengadaan perlengkapan gedung kantor Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 - - 100 100 80.000.000 - 1 20 1 20 15 02 09 9 Pengadaan peralatan gedung kantor Pengadaan peralatan gedung kantor Pengadaan peralatan gedung kantor Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 - - 100 100 - - 1 20 1 20 15 02 10 10 Pengadaan meubelier Pengadaan meubelier Pengadaan meubelier Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 2.500.000 - 100 100 35.750.000 - 1 20 1 20 15 02 11 11 Pemeliharaan rutin/berkala rumah jabatan Pemeliharaan rutin/berkala rumah jabatan Pemeliharaan rutin/berkala rumah jabatan Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 12.000.000 - 100 100 60.000.000 - 1 20 1 20 15 02 13 13 Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 35.500.000 - 100 100 66.000.000 - 1 20 1 20 15 02 1 15 Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 78.200.000 - 100 100 64.215.000 - 1 20 1 20 15 02 23 19 Rehab sedang/berat gedung kantor Tersedianya gedung kantor yang layak huni Rehabilitasi sedang/berat gedung kantor Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 250.000.000 - 100 100 446.000.000 - 1 20 1 20 15 02 24 20 Rehabilitasi sedang/berat mobil jabatan Rehabilitasi sedang/berat mobil jabatan Rehabilitasi sedang/berat mobil jabatan Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 - - 100 100 - - 1 20 1 20 15 02 25 21 Rehabilitasi sedang/berat kendaraan dinas/operasional Rehabilitasi sedang/berat kendaraan dinas/operasional Rehabilitasi sedang/berat kendaraan dinas/operasional Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 - - 100 100 - - 1 20 1 20 15 03 Peningkatan Disiplin Aparatur 55.000.000 13.600.000 1 20 1 20 15 03 01 1 Pengadaan mesin/kartu absensi Pengadaan mesin/kartu absensi Pengadaan mesin/kartu absensi Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 15.000.000 - 100 100 - - 1 20 1 20 15 03 02 2 Pengadaan pakaian dinas beserta perlengkapannya Pengadaan pakaian dinas beserta perlengkapannya Pengadaan pakaian dinas beserta perlengkapannya Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 22.000.000 - 100 100 13.600.000 - 1 20 1 20 15 03 03 3 Pengadaan pakaian khusus hari hari tertentu Pengadaan pakaian khusus untuk hari hari tertentu Pengadaan pakaian khusus untuk hari hari tertentu Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 18.000.000 - - - 1 20 1 20 15 04 Program fasilitas pindah/purna tugas PNS 6.000.000 8.000.000 1 20 1 20 15 04 03 1 Pemindahan tugas PNS Tersedianya dana pemindahan tugas PNS Tersedianya dana pemindahan tugas PNS Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 6.000.000 - 100 100 8.000.000 - 1 20 1 20 15 05 Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya 62.000.000 53.000.000 1 20 1 20 15 05 01 1 Sosialisasi peraturan perundang-undangan Sosialisasi peraturan perundang-undangan Sosialisasi peraturan perundang-undangan Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 30.000.000 - 100 100 23.000.000 - 1 20 1 20 15 05 03 2 Bimbingan teknis implementasi peraturan perundang-undangan Bimbingan teknis implementasi peraturan perundang-undangan Bimbingan teknis implementasi peraturan perundang-undangan Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 32.000.000 - 100 100 30.000.000 - 1 20 1 20 15 06 Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Kinerja dan Keuangan 2.423.400 - 2.000.000 1 20 1 20 15 06 01 1 Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 1.007.800 - 100 100 1.000.000 - 1 20 1 20 15 06 02 2 Penyusunan laporan keuangan semesteran Penyusunan laporan keuangan semesteran Penyusunan laporan keuangan semesteran Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 407.800 - 100 100 - - 1 20 1 20 15 06 04 3 Penyusunan laporan keuangan akhir tahun Penyusunan laporan keuangan akhir tahun Penyusunan laporan keuangan akhir tahun Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 1.007.800 - 100 100 1.000.000 - 1 20 1 20 15 19 Program pembinaan dan fasilitasi pengelolaan 19.200.000 - 3.720.000 1 20 1 20 15 19 01 1 Evaluasi rancangan peraturan desa tentang APB Desa Evaluasi rancangan peraturan desa tentang APB Desa Evaluasi rancangan peraturan desa tentang APB Desa Kec. Kolam Kec. Kolam 100 100 19.200.000 - 100 100 3.720.000 - T O T A L 1.027.168.300 1.651.453.500 ) 4.2 Program dan Kegiatan SKPD, Target Kinerja Capaian Program, Target Kinerja Keluarga Kegiatan, Target Kinerja Hasil dan Anggaran Pengukuran indikator kinerja sangat berguna sebagai pedoman untuk memantau keberhasilan dan kinerja kegiatan pembangunan. Dengan berpedoman indikator kinerja, maka pengelolaan dan pengendalian kegiatan akan lebih terarah dan jika ditemui permasalahan akan lebih mudah pemecahan masalahnya. Pengukuran indikator kinerja Kecamatan Kotawaringin Lama berdasarkan pada pedoman pengukuran indikator kinerja utama sesuai Kepmenpan Nomor 9 Tahun 2007. Pada unit kerja setingkat eselon III/SKPD/unit kerja mandiri sekurang kurangnya menggunakan indikator keluaran. Namun untuk Rencana Kerja Tahun 2012 kami mencoba menggunakan indikator hasil. Secara rinci indikator hasil kinerja dan rencana penganggaran untuk SKPD Kecamatan Kotawaringin Lama tercantum dalam Tabel 4.2 Tabel 4.2 Rincian Rencana Kerja SKPD Kecamatan Kotawaringin Lama Formulir 2 Jenis Kebijakan dan Kegiatan Indikator Hasil/Outcome Sasaran T.A 2012 Penanggung jawab Kegiatan Alokasi TA 2011 (Rp) Indikasi Anggaran TA 2012 Prakiraan TA 2013 Sumber Pembiayaan (Rp) Rupiah Murni PLNH 1 2 3 4 PL Hibah 1 2 3 4 5 6 7 8 Kerangka Anggaran : Program Pelayanan Administrasi Perkantoran 371.844.900 1. Penyediaan jasa surat menyurat Bertambahnya surat dan dokumen yang terkirim Pengiriman surat dan dokumen Kec. Kolam 1.900.000 - 1.800.000 - - - - 3.000.000 1 (DAU) 2. Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik Meningkatnya kecepatan penyampaian informasi dan penyediaan listrik yang terjaga Pembayaran rekening telepon dan listrik Kec. Kolam 26.160.000 - 22.920.000 - - - - 30.000.000 1 (DAU) 3. Penyediaan jasa pemeliharaan dan perijinan kendaraan dinas/operasional Meningkatnya kesiapan operasional kendaraan dinas Pemeliharaan kendaraan dinas Kec. Kolam 11.250.000 - 3.000.000 - - - - 5.000.000 1 (DAU) 4. Penyediaan jasa administrasi keuangan Pengelolaan keuangan sesuai dengan peraturan Pengelolaan administrasi keuangan Kec. Kolam 51.604.000 53.594.000 3.410.000 - - - - 57.004.000 1 (DAU) 5. Penyediaan jasa kebersihan kantor Terjaganya kondisi kebersihan kantor Pemeliharaan kebersihan gedung dan lingkungan kantor Kec. Kolam 38.230.000 36.060.000 - - - - 36.060.000 1 (DAU) 1 2 3 4 5 6 7 8 6. Penyediaan jasa perbaikan peralatan kerja Bertambahnya usia pakai peralatan kerja Perbaikan peralatan kerja Kec. Kolam 5.400.000 - 8.150.000 - - - - 10.000.000 1 (DAU) 7. Penyediaan alat tulis kantor Meningkatnya pelayanan umum administrasi pemerintahan Pengadaan ATK Kec. Kolam 19.788.000 - 21.131.900 - - - - 22.500.000 1 (DAU) 8. Penyediaan barang cetakan dan penggandaan Meningkatnya pelayanan umum administrasi pemerintahan Pengadaan barang cetakan dan penggandaan Kec. Kolam 8.880.000 - 13.567.500 - - - - 13.567.500 1 (DAU) 9. Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor Terjaganya kondisi penerangan kantor Pengadaan komponen listrik/ penerangan Kec. Kolam 3.460.000 200.000 3.040.000 - - - - 3.240.000 1 (DAU) 10. Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor Bertambahnya peralatan dan perlengkapan kantor Pengadaan peralatan dan perlengkapan kantor Kec. Kolam 15.000.000 - 41.784.000 - - - - 45.800.000 1 (DAU) 11. Penyediaan peralatan rumah tangga Bertambahnya jumlah pegawai yang mengetahui peraturan perundang-undangan Pengadaan bahan bacan dan peraturan perundang-undangan Kec. Kolam 3.966.000 - 4.023.400 - - - - 4.023.400 1 (DAU) 12. Penyediaan makanan dan minuman Kebutuhan makanan dan minuman pegawai terpenuhi Pengadaan makanan dan minuman Kec. Kolam 73.900.000 - 26.650.000 - - - - 26.650.000 1 (DAU) 13. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah Meningkatnya koordinasi antar instansi Perjalanan dinas Kec. Kolam 55.000.000 - 95.000.000 - - - - 115.000.000 1 (DAU) Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur 510.700.000 1. Pembangunan gedung kantor Bertambahnya jumlah unit kantor Pengadaan gedung kantor Kec. Kolam 250.000.000 9.000.000 500.000 273.244.800 - - - 250.000.000 1 (DAU) 2. Pengadaan mobil jabatan Penggantian mobil jabatan Pengadaan mobil jabatan Kec. Kolam - - - - - - - - 1 (DAU) 3. Pengadaan kendaraan dinas/operasional Bertambahnya jumlah kendaraan dinas Pengadaan kendaraan dinas/ operasional Kec. Kolam - - - - - - - 30.000.000 1 (DAU) 4. Pengadaan perlengkapan rumah jabatan/dinas Bertambahnya jumlah perengkapan rumah jabatan Pengadaan perlengkapan rumah jabatan Kec. Kolam - - - - - - - 80.000.000 1 (DAU) 5. Pengadaan perlengkapan gedung kantor Bertambahnya jumlah perengkapan gedung kantor Pengadaan perlengkapan gedung kantor Kec. Kolam - - - - - - - - 1 (DAU) 6. Pengadaan peralatan rumah jabatan/dinas Bertambahnya jumlah peralatan rumah jabatan Pengadaan peralatan rumah jabatan Kec. Kolam - - - - - - - - 1 (DAU) 7. Pengadaan mebeleur Bertambahnya jumlah mebeleur Pengadaan mebeleur Kec. Kolam - - - - - - - 2.500.000 1 (DAU) 8. Pemeliharaan rutin/berkala rumah jabatan Terjaganya kondisi rumah jabatan Pemeliharaan rumah jabatan Kec. Kolam - - - - - - - 12.000.000 1 (DAU) 9. Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor Terjaganya kondisi gedung kantor Pemeliharaan gedung kantor Kec. Kolam 23.711.000 - 31.500.000 - - - - 35.500.000 1 (DAU) 10. Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional Terjaganya kondisi kendaraan dinas Pemeliharaan kendaraan dinas/ operasional Kec. Kolam 21.900.000 - 51.800.000 - - - - 78.200.000 1 (DAU) 1 2 3 4 5 6 7 8 16. Rehabilitasi sedang/berat rumah jabatan Bertambahnya usia pakai rumah jabatan Rehabilitasi rumah jabatan Kec. Kolam - - - 1 (DAU) 17. Rehabilitasi sedang/berat gedung kantor Bertambahnya usia pakai gedung kantor Rehabilitasi gedung kantor Kec. Kolam - - - - - - - - 1 (DAU) Program Peningkatan Disiplin Aparatur 55.000.000 1. Pengadaan mesin/kartu absensi Meningkatnya kedisiplinan pegawai dalam kehadiran Pengadaan mesin absensi Kec. Kolam - - - - - - - 15.000.000 1 (DAU) 2. Pengadaan pakaian dinas beserta perlengkapannya Meningkatnya kedisiplinan pegawai dalam berpakaian Pengadaan PDH Kec. Kolam 6.900.000 - 20.000.000 - - - - 22.000.000 1 (DAU) 3. Pengadaan pakaian khusus hari-hari tertentu Meningkatnya kedisiplinan pegawai dalam berpakaian Pengadaan pakaian olah raga Kec. Kolam - - - - - - - 18.000.000 1 (DAU) Program Fasilitasi Pindah / Purna Tugas PNS 6.000.000 1. Pemulangan pegawai yang pensiun Fasilitasi pemulangan pegawai yang pensiun Perjalanan dinas Kec. Kolam 2.000.000 - - - - - - - 1 (DAU) 2. Pemindahan tugas PNS Fasilitasi pindah tugas pegawai Perjalanan dinas Kec. Kolam 4.000.000 - - - - - - 6.000.000 1 (DAU) Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur 62.000.000 1 (DAU) 1. Sosialisasi peraturan perundang-undangan Meningkatnya jumlah pegawai yang mengetahui peraturan perundang-undangan Honor RT dan Perjalanan dinas Kec. Kolam 86.800.000 - 30.000.000 - - - - 30.000.000 1 (DAU) 2. Bimbingan teknis implementasi peraturan perundang-undangan Meningkatnya jumlah pegawai yang mengatahui cara implementasi peraturan perundang-undangan Perjalanan dinas dan kontribusi bintek Kec. Kolam 28.000.000 - 32.000.000 - - - - 32.000.000 1 (DAU) Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan 2.423.400 1. Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD Penyajian laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD Penyusunan dan penyampaian laporan Kec. Kolam 1.000.000 - 1.007.800 - - - - 1.007.800 1 (DAU) 2. Penyusunan laporan keuangan semesteran Penyajian laporan keuangan semesteran Penyusunan dan penyampaian laporan Kec. Kolam 1.000.000 - 407.800 - - - - 407.800 1 (DAU) 3. Penyusunan laporan keuangan akhir tahun Penyajian laporan keuangan akhir tahun Penyusunan dan penyampaian laporan Kec. Kolam 1.000.000 - 1.007.800 - - - - 1.007.800 1 (DAU) Program Pembinaan dan Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa 19.200.000 1. Evaluasi rancangan peraturan desa tentang APB Desa Meningkatnya keahlian penyusunan peraturan desa tentang APB Desa yang baik oleh perangkat desa Evaluasi perdes APB Desa Kec. Kolam 20.520.000 19.200.000 - - - - 19.200.000 1 (DAU) 2. Evaluasi rancangan peraturan desa tentang pendapatan desa Meningkatnya pendapatan desa Evaluasi ranperdes pendapatan desa Kec. Kolam - - - - - - - 1 (DAU) 3. Penyusunan pedoman pengelolaan keuangan desa Meningkatnya keahlian pengelolaan keuangan desa oleh perangkat desa Penyusunan pedoman pengelolaan keuangan desa Kec. Kolam - - - - - - - 1 (DAU) Jumlah 761.369.000 98.854.000 431.900.200 273.244.800 - - - 1.027.168.300 809.999.000 Keterangan : *) Kolom (6) *) Kolom (8) 1. Belanja Pegawai 1. D = Dekonsentrasi 2. Belanja Barang dan Jasa 2. DAU = Dana Alokasi Umum 3. Belanja Modal 3. DAK = Dana Alokasi Khusus 4. Lain-lain: 4. TP = Tugas Pembantuan - Hibah 5. PAD = Pendapatan Asli Daerah - Subsidi - Bantuan Sosial BAB V PENUTUP Rencana kerja Kecamatan Kotawaringin Lama Tahun 2013 merupakan acuan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kecamatan Kotawaringin Lama Tahun 2012 sebagai penjabaran Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kotawaringin Barat dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2012-2016. Rencana Kerja Tahunan memuat strategi dan kebijakan mencapai visi, misi, dan tujuan dengan mengerahkan seluruh potensi yang ada dalam institusi Kecamatan Kotawaringin Lama dengan mendasar pada keragka regulasi yang berlaku. Akhirnya, Rencana Kerja Kecamatan Kotawaringin Lama ini disusun untuk mewujudkan sistem perencanaan pembangunan yang sinergis dan optimal sebagai perwujudan kinerja pemerintahan yang baik dan akuntabel. CAMAT KOTAWARINGIN LAMA MARWOTO, SIP PEMBINA NIP. 19640428 198603 1 007

Tidak ada komentar: